Senin, 21 Desember 2009

Bagaimana terjadinya bayi kembar identik?

Ketika pertama kali aku mengetahui jika bayi dalam kandunganku kembar, aku sedikit kaget. Itu juga karena dokter kandunganku, dr. Ariefandy Pambudi,SpOG menyatakannya dengan sedikit nada heran,"...sepertinya bayinya dua, Bu!", pada waktu USG yang pertama, yaitu ketika kehamilanku sudah memasuki bulan ke-3. Alhamdulillah, diberi amanah 2 bayi sekaligus. Selanjutnya aku diperlihatkan hasil USG bayi yang menunjukkan letak bayi yang terpisah oleh satu garis, yang menunjukkan jika kedua bayi berada pada 2 kantung ketuban yang berbeda, bukan kembar siam. Alhamdulillah, bayiku ternyata normal. Dokter menyatakan kembar bisa jadi identik jika 2 bayi tersebut memiliki 1 ari-ari dan itu hanya diketahui setelah bayinya lahir. Dan ternyata bayiku identik! Karena ketika lahir memiliki 1 ari-ari dengan 2 plasenta,dengan berat masing-masing Shafa= 2.00kg dan Marwah=2,10kg. Subhanallah!!!

Bagaimana bisa terjadi?

Bayi kembar adalah kelahiran beberapa bayi yang terjadi dalam satu kehamilan. Lahir kembar dua pada manusia akan muncul 1 pada setiap 89 kelahiran, kembar tiga muncul 1 pada setiap 7.900 kelahiran, Sedangkan bayi kembar empat akan muncul 1 pada setiap 705.000 kelahiran. Sedangkan bayi kembar 2 identik hanya muncul 4 kasus disetiap 1.000 kelahiran. Kembar dua identik ini sering muncul pada bangsa afrika, sedangkan bangsa Asia paling jarang melahirkan bayi kembar identik.

Bayi kembar dapat terjadi dalam dua cara, pertama yakni bayi kembar yang lahir dari dua buah telur yang berbeda yang dihasilkan secara bersamaan oleh ibunya. Sehingga akan dibuahi oleh dua buah sperma yang berbeda pula, sehingga menghasilkan individu bayi kembar yang berbeda. Kadangkala tidak ada kemiripan sama sekali antara kakak beradik bayi kembar ini. Misalnya ayah berkulit hitam, ibunya berkulit putih, mungkin si kembar yang satu hitam dan yang satu putih.

Kedua, bayi kembar identik, terjadi ketika sebuah telur dibuahi oleh dua buah sperma. Telur yang sudah dibuahi ini akan berkembang dan membelah diri menjadi dua individu yang memiliki gen yang sama. Bayi kembar dampit atau kembar Siam adalah bayi kembar identik yang tidak dapat berpisah secara sempurna.

Bayi kembar tiga dan empat dapat terjadi apabila sang ibu melepaskan tiga atau empat sel telur secara bersamaan. Atau bisa juga terjadi apabila sebuah sel telur yang sudah dibuahi membelah menjadi tiga atau empat individu. Ketika dua buah sel telur dibuahi oleh sperma, dan salah satunya membelah menjadi dua individu, maka akan lahir bayi kembar tiga dimana muncul kelahiran kembar dua identik dan satu bayi yang tidak identik.

3 komentar:

  1. Selamat hari ibu I LOVE YOU MOM :)

    BalasHapus
  2. semoga umi jadi ibu yang solehah dan taat ma abi yang juga kena cacar air.

    BalasHapus
  3. Makasiih ya,Nak! Diakan umi cepat sembuh ya, jadi kita bisa jalan2 :)

    BalasHapus